Departemen Sastra Jerman

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ), Jurusan Sastra Jerman (JSJ), Fakultas Sastra (FS), Universitas Negeri Malang (UM) berasal dari Seksi Bahasa Jerman yang bersama-sama dengan seksi Bahasa Inggris merupakan bagian dari Jurusan Bahasa Asing pada Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Airlangga yang dibuka pada tahun 1961. Kegiatan perkuliahan diselenggarakan di Malang dan ujian diadakan di Surabaya. Pada 1967, secara resmi Seksi Bahasa Jerman ditutup dan dipindahkan ke IKIP Surabaya. Akan tetapi, dalam kurun waktu antara tahun 1961 – 1967 Seksi Bahasa Jerman telah sempat menghasilkan lulusan sarjana muda dengan gelar Bachelor of Arts (BA) sebanyak tiga angkatan. Dalam rangka mendayagunakan tenaga dosen yang ada, sambil menunggu dibukanya program mayor, pada tahun 1988, IKIP Malang menyelenggarakan program minor bahasa Jerman untuk mahasiswa yang berminat. Pada awal tahun 1994, dengan delapan orang tenaga pengajar bahasa Jerman dan kurikulum fleksibel, proposal pembukaan program studi beberapa kali diajukan. Selanjutnya, pada tahun 1999 dengan memanfaatkan momentum perubahan IKIP menjadi Universitas Negeri Malang, kembali diajukan proposal pembukaan PSPBJ. Hasilnya, pada tanggal 6 Mei 1999, dengan SK Dirjen Dikti No. 205/DIKTI/Kep/1999 PSPBJ resmi dibuka dan mulai menerima mahasiswa baru. Pada tanggal 12 Mei 2000, dengan SK Dirjen Dikti Nomor 143/DIKTI/Kep/ 2000 tentang Jenis dan Jumlah Jurusan Pada Fakultas di Lingkungan Universitas Negeri Malang, PSPBJ berubah menjadi Jurusan Sastra Jermman (JSJ). Tahun 2022 JSJ berubah nama menjadi Departemen Bahasa Jerman (DBJ) seiring berubahnya UM menjadi PTNBH, DSJ menaungi dua program studi, yaitu PSPBJ atau Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman dan PSPBM atau Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin.

  • A. Visi
    Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Jerman berbasis komunikasi interkultural untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa Jerman, dasar-dasar linguistik Jerman, budaya dan sastra Jerman serta mampu berkarya dengan memanfaatkan wawasan keilmuan yang relevan, dan adaptif terhadap perkembangan ipteks dan dinamika masyarakat.

Misi

  • menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang bahasa dan sastra Jerman yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  • mengadakan penelitian dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
  • mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
B. Tujuan Program Studi
  • menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra
    Jerman;
  • menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman;
  • menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
 

Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang merupakan mandat dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK No.754/E/T2011 tanggal 26 Mei 2011 sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok. Oleh karena itu, sejak tahun 2011 PSPBM mulai menerima mahasiswa baru. Pada tahun 2012 dikeluarkanlah Ijin Pendirian PSPBM dari Dirjen Dikti dengan SK No. 314/E/O2012, tanggal 13 September 2012. Sejak berdiri hingga saat ini, PSPBM masih menginduk kepada Departemen Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

A. Visi
Visi keilmuan Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin, yang mencakup linguistik, sastra, serta budaya Tiongkok melalui pendekatan penelitian yang adaptif terhadap perkembangan IPTEKS, dengan fokus pada pembelajaran inovatif berbasis penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan belajar yang unggul, mampu berinovasi, dan siap berkontribusi di bidang akademik maupun profesional dengan target pencapaian pada tahun 2030.

B. Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran;
  • Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kualitas pembelajaran bahasa Mandarin.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat