Visi

Visi ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin  akan dicapai pada tahun 2030 sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan UM adalah mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin berbasis komunukasi interkultural untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa Mandarin, dasardasar linguistik Mandarin, budaya dan sastra Mandarin, serta mampu berkarya dengan memanfaatkan wawasan keilmuan yang relevan, dan adaptif terhadap perkembangan Ipteks dan dinamika masyarakat.

 

Misi

Misi ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran;
  2. Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kualitas pembelajaran Bahasa Mandarin.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

Untuk mewujudkan visi dan misi ilmiah yang telah ditetapkan, dirumuskan tiga butir tujuan prodi Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara professional dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Mandarin;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pengajaran bahasa Mandarin;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengajaran bahasa Mandarin untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera

Target Pembelajaran

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan bahasa Mandarin berjiwa Pancasila yang menguasai dasar-dasar lingustik, konsep teoritis bahasa Mandarin, konsep dasar metodik didaktik, budaya dan sastra Mandarin, mampu merancang, melaksanakan,  dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Mandarin, serta mampu mengimplementasikannya dalam berbagai usaha di sektor yang relevan secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam
    perannya sebagai pendidik dan tenaga kependidikan yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era global.
  3. Menguasai keterampilan berbahasa Mandarin dan unsur kebahasaannya untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Mandarin
  4. Menguasai dasar-dasar linguistik bahasa Mandarin agar dapat menganalisis berbagai satuan lingual dalam bahasa Mandarin.
  5. Menguasai metodik didaktik, dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran bahasa Mandarin di lembaga pendidikan formal maupun non formal
  6. Menguasai budaya, sastra Mandarin dan kesenian Tiongkok untuk komunikasi yang efektif berdasarkan pemahaman lintas budaya.
  7. Mampu menerjemahkan berbagai jenis teks dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia dan sebaliknya secara lisan maupun tulisan, serta mampu menganalisis hasil terjemahan.
  8. Mampu memberikan layanan jasa berbahasa Mandarin dalam sektor pariwisata.
  9. Mampu berkarya dalam berbagai bidang profesi yang lain dengan memanfaatkan wawasan keilmuan yang terkait.

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran, jadwal penerimaan, dan sistem seleksi mahasiswa baru di program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, dilaksanakan melalui sebuah sistem seleksi secara terpusat di Universitas Negeri Malang.

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami