Pada tanggal 15 Februari 2017 Jurusan Sastra Jerman UM menyelenggarakan pelatihan untuk guru-guru bahasa Jerman di Malang Raya. Tema kegiatan pelatihan adalah „Literaturformate im Deutschunterricht Klasse 10-12 - Themen des neuen Kurikulums/Teil 2”.  Penyelenggaraan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Sastra Jerman untuk mewujudkan terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan pendidikan, khususnya pembelajaran bahasa Jerman di kota Malang dan sekitarnya.

30 orang pengajar menghadiri pelatihan yang bertempat di Aula Fakultas Sastra Gedung E6 lantai 2 yang berlangsung selama sehari mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Mereka di antaranya berasal dari berbagai sekolah menengah atas baik dari kota Malang ataupun luar kota Malang seperti dari SMAN 2, SMAN 4, SMAN 7, SMAN 10, SMA islam Sabilillah Malang, SMAN 1 Tumpang, SMAn 1 Kepanjen, SMA Islam kepanjen, SMA PGRI Kepanjen, SMAN 1 Lawang,  bahkan ada yang berasal dari SMAN 3 Pasuruan, dan SMAN 1 Probolinggo.

Bertindak sebagai pemateri pada pelatihan ini adalah dua orang dosen di Jurusan Sastra Jerman UM yang juga multiplikator Goethe-Institut Jakarta. Mereka adalah Dewi kartika Ardiyani, M.Pd., dan Iwa Sobara, M.A. Materi yang ditampilkan bersifat praktis untuk dapat digunakan oleh para pengajar ketika mereka mengajar materi pelajaran yang berhubungan dengan sastra. Selama ini banyak pengajar yang merasa kesulitan jika mereka dihadapkan dengan penyampaian materi berbau sastra Jerman di dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMA. Oleh karena itu, berbagai metode, permainan, dan materi yang relevan ditampilkan pada pelatihan ini.